CONTOH BRD - Business Requirements Document, Pengertian, Manfaat, dan Contoh
Mengenal Business Requirements Documents
Manfaat BRD
• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.
• Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.
• Untuk dapat memberikan sebuah solusi terbaik pada setiap tahapan proyek.
• Bertindak sebagai landasan untuk mengkomunikasikan solusi yang akan dilakukan kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, bisnis, dan proyek.
• Dapat digunakan untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dengan stakeholder.
• Untuk menggambarkan bagaimana suatu kebutuhan pelanggan dan bisnis akan bisa terpenuhi dengan solusi yang diajukan.
Ruang Lingkup BRD
• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis?
• Apa saja batasannya?
• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?
• Apa masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis?
• Apa saja batasannya?
• Apakah layak untuk menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk proyek tersebut?
Penanggung Jawab BRD
• Tim inti proyek.
• Setiap atau semua mitra bisnis.
• Pemilik proses atau perwakilannya.
• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
• Tim inti proyek.
• Setiap atau semua mitra bisnis.
• Pemilik proses atau perwakilannya.
• Manajemen proyek/produk, departemen kualitas dan/atau manajemen TI sesuai kebutuhan atau yang tersedia
Elemen BRD
• Deskripsi Proyek
• Lingkup Proyek
• Kebutuhan Fungsional
• Kebutuhan Non Fungsional
• Biaya
• Tim
• Penjadwalan
Berikut contoh Kasus BRD pada Perpustakaan :
• Deskripsi Proyek
• Lingkup Proyek
• Kebutuhan Fungsional
• Kebutuhan Non Fungsional
• Biaya
• Tim
• Penjadwalan
Berikut contoh Kasus BRD pada Perpustakaan :
1 Deskripsi Proyek
Proyek Data Perpustakaan ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mendata mahasiswa di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpus untuk mengelola peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
Proyek Data Perpustakaan ini merupakan aplikasi atau software yang berfungsi untuk mendata mahasiswa di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan petugas perpus untuk mengelola peminjaman buku. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan teknologi web dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS dan database MySQL.
2 Lingkup Proyek
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:
a. Tampilan login & register
b. Tampilan dashboard dan menu
Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur login & register
b. Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa
c. Fitur Peminjaman & Pengembalian Buku
d. Fitur penambahan buku
Lingkup proyek ini terdiri dari desain layout aplikasi dan fitur aplikasi. Untuk desain layout terdiri dari:
a. Tampilan login & register
b. Tampilan dashboard dan menu
Sedangkan untuk fitur aplikasi terdiri dari:
a. Fitur login & register
b. Fitur Create Read Update Delete (CRUD) data mahasiswa
c. Fitur Peminjaman & Pengembalian Buku
d. Fitur penambahan buku
3 Kebutuhan Fungsional
3.1 Spesifikasi kebutuhan
Proyek Data Perpustakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau bagian petugas perpus dapat mengakses dan mengelola data perpustakaan secara penuh (full access) dan mahasiswa dapat mengakses.
Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login
- Petugas perpus
- Mahasiswa
b. Manajemen peminjaman buku
c. Manajemen data mahasiswa
Proyek Data Perpustakaan ini menggunakan teknologi web yang dapat diakses melalui browser pada komputer desktop (laptop) maupun browser pada mobile (HP). Admin atau bagian petugas perpus dapat mengakses dan mengelola data perpustakaan secara penuh (full access) dan mahasiswa dapat mengakses.
Fitur utama yang dapat dikelola adalah
a. Manajemen user login
- Petugas perpus
- Mahasiswa
b. Manajemen peminjaman buku
c. Manajemen data mahasiswa
3.2 Use Case Diagram
Gambar diatas merupakan Use Case Diagram pada Proyek Data Perpustakaan yang penjelasannya sebagai berikut:
a. Use case ini terdiri dari 2 actor yang berinteraksi dengan satu sistemn yaitu petugas perpus dan mahasiswa
b. Petugas perpus, merupakan actor/orang yang dapat mengakses sistem aplikasi data perpus mulai dari login dan melakukan aksi verifikasi data user/mahasiswa & mengelola peminjaman buku, sedangkan Mahasiwa hanya untuk mengkases pengisian data mahasiswa ketika register dan melakukan peminjaman buku
c. Register, untuk mahasiswa yang belum memiliki akun melakuan register terlebih dahulu untuk mendapatkan akun
d. Jika sudah registrasi, petugas perpus akan melakukan validasi data, jika data valid maka petugas perpus akan memasukkan user tersebut sebagai anggota perpus dengan memberikan no_anggota dan masa_berlaku keanggotaan
e. Login, setelah mendapatkan akun, user harus melakukan login agar dapat mengakses fitur lain yang ada dalam sistem
f. Mahasiswa dapat meminjam buku maksimal 7 hari, jika terjadi keterlambatan akan dikenakan denda
g. Detil buku yang dipinjam minimal berisi data judul buku, jenis buku, penerbit, pengarang, tahun terbit
3.3 Entity Relationship Diagram (ERD)
Pada ERD diatas menjelaskan terdapat entitas, atribut dan proses yang berlangsung.
1 Kebutuhan Non Fungsional
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a. Bisa digunakan pada berbagai macam browser
b. Tampilan user friendly dan responsif
c. Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password
d. Mudah digunakan
e. Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)
Untuk kebutuhan non fungsional ada beberapa kriteria:
a. Bisa digunakan pada berbagai macam browser
b. Tampilan user friendly dan responsif
c. Keamanan yang terjamin dengan enkripsi password
d. Mudah digunakan
e. Bisa digunakan kapan dan dimana saja (terkoneksi internet)
2 Biaya
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
· Analisa dan Pembuatan BRD : Rp. 200.000
· Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 300.000
· Pembuatan Modul Login : Rp. 500.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000 Rp.1.300.000
Untuk biaya terdiri dari beberapa komponen
· Analisa dan Pembuatan BRD : Rp. 200.000
· Pembuatan Desain dan Layout Web : Rp. 300.000
· Pembuatan Modul Login : Rp. 500.000
· Testing dan Deployment Aplikasi : Rp. 300.000 Rp.1.300.000
3 Tim
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
· Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
· Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
· Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
· Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testi terhadap aplikasi
Proyek ini dikerjakan oleh tim dengan peranan sebagai berikut:
· Nama siswa 1 sebagai Project Manager yang bertugas menganalisa dan membuat Business Requirement Document
· Nama siswa 2 sebagai Web Designer yang bertugas membuat desain dan layout web
· Nama siswa 3 sebagai Programmer yang bertugas membuat aplikasi berbasis web
· Nama siswa 4 sebagai Tester yang bertugas melakukan testi terhadap aplikasi
· Nama siswa 5 sebagai Network Administrator yang bertugas deployment aplikasi ke server
4 Penjadwalan
Proyek Data Siswa ini di perkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dengan timeline sebagai berikut
Komponen | Pekan 1 | Pekan 2 | Pekan 3 | Pekan 4 |
Pembuatan BRD |
|
|
|
|
Desain & Layout |
|
|
|
|
Development |
|
|
|
|
Testing & Deployment |
|
|
|
|
Posting Komentar untuk "CONTOH BRD - Business Requirements Document, Pengertian, Manfaat, dan Contoh"